Laman

click me

Anda Adalah Pengunjung Ke

Harus Terus Nambah

Kamis, 17 Februari 2011

Perbedaan Mailing List, News Group dengan Blog...

Ya...ini adalah postingan pertama di awal tahun 2008. Kita semua berharap semoga di tahun 2008 ini menjadi yang lebih baik. Banyak hal yang telah terjadi di tahun 2007, baik yang menyenangkan maupun yang buruk. Perkembangan dunia internet sungguh sangat cepat. Dengan demikian kita semua dapat memanfaatkan demi kemajuan teknologi di negara kita ini. Saling berbagi ilmu adalah hal yang sangat menyenangkan, karena saya yakin di luar sana masih banyak ilmu pengetahuan yang belum kita ketahui. Semoga di tahun 2008 membuat kita lebih cerdas dan lebih arif dan bijaksana. Namun kenangan/ kejadian di tahun 2007 jangan dilupakan, tapi jadikan referensi untuk berbuat lebih baik pada tahun ini.[HAPPY NEW YEAR 2008]

Saat ini ada banyak jenis media komunikasi kolaborasi di internet. Kita sebut saja ada mailing list, news group dan juga blog. Ada banyak pembaca yang menanyakan kepada penulis mengenai perbedaan diantara ketiganya. Melalui tulisan singkat kali ini mari kita lihat apa saja perbedaan dari [...]ketiga 'makhluk' tersebut.
  • Mailing list atau newsgroup sifatnya tidak tersentralisasi. Artinya apa? Siapapun bisa melakukan posting dan semua orang bebas untuk menyatakan pendapatnya. Jadi kesimpulannya dari sistem publikasinya bisa dikatakan bebas dan bisa dilakukan siapa saja, selama ia menjadi anggota dari mailing list atau newsgroup tersebut. Sedangkan kalau blog sifatnya sentralisasi, karena pada umumnya publikasi dari konten blog hanya dilakukan oleh satu orang.
  • Adanya respon dan komentar dari anggota mailing list ataupun newsgroup sangatlah mutlak diperlukan bagi kelangsungan hidup mailing list tersebut. Jika dalam mailing list atau newsgroup tidak ada yang tanya atau tidak ada yang menjawab, maka aliran diskusi akan menjadi terhambat dan akhirnya mailing list atau newsgroup tersebut tidak membawa manfaat bagi para anggotanya. Sedangkan pada blog lain lagi ceritanya. Blog tidak begitu memerlukan respon ataupun komentar dari orang lain. Dengan kata lain, blog lebih dimaksudkan kepada komunikasi satu arah dari si penulis blog kepada pembacanya. Penulis blog juga tidak peduli apakah postingnya harus direspon atau tidak.
  • Blog biasanya diurutkan secara terbalik (descending), jadi konten blog yang terbaru selalu akan tampil paling atas. Ini berbeda dengan model mailing list, dimana kita bisa mengatur model penampilannya, apakah mau diurutkan secara descending, ascending atau berdasarkan masing-masing thread yang ada.

0 komentar:

Klik ini juga

 
© Copyright (c) 2013 Abdullah Amir Hamzah